1.
Pengertian
Media Sosial
Macam-macam Media Sosial |
Media
sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah
berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial,
wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk
media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung
interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang
mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.
Andreas
Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah
kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan
teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran
user-generated content”.
Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page
pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan
berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan
Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast,
maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang
tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara
terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan
tak terbatas.
Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut
tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa
dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile
phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan
terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara
maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai
tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan
berita-berita.
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa
memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi,
radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak,
maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses
menggunakan social media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat
sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa
karyawan. Kita sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit,
menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai
model content lainnya.
Media
sosial mempunyai ciri-ciri, yaitu sebagai berikut :
·
Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang
saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun
internet
·
Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui
suatu Gatekeeper
·
Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di
banding media lainnya
·
Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi.
2.
Jenis-jenis
Media Sosial
Sosial
media adalah suatu media untuk interaksi sosial, sebagai superset melampaui
komunikasi sosial. Yang dimana diaktifkan dengan teknik komunikasi ubiquitously
diakses dan terukur, media sosial secara substansial mengubah cara komunikasi
antara organisasi, masyarakat, serta individu. Adapun jenis-jenis dari
media sosial, sebagai berikut :
1. Collaborative projects kolaborasi
proyek merupakan suatu media sosial yang dapat membuat konten dan dalam
pembuatannya dapat diakses oleh khalayak secara global. Ada dua
subkategori yang termasuk kedalam collaborative project dalam
media sosial yakni Wiki adalah situs yang memungkinkan penggunanya untuk
menambahkan, menghapus, dan mengubah konten berbasis teks.
2. Content communities atau konten
masyarakat merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk saling
berbagi dengan seseorang baik itu secara jarak jauh maupun dekat yang
dimana dalam content communities ini penggunanya dapat
berbagi foto, video dengan orang yang dituju.
3. Social networking
sites atau situs jejaring sosial yang dimana merupakan situs yang
dapat membantu seseorang untuk membuat sebuah profil dan kemudian
dapat menghubungkan dengan pengguna lainnya.
4. Virtual game worlds atau
permainan dunia virtual merupakan permainan multiplayer, yang dimana
ratusan pemain secara simultan dapat didukung. Permainan dunia virtual
adalah lingkungan tiga dimensi dimana pengguna dapat berinteraksi menggunakan
avatar pribadinya.
5. Virtual social worlds merupakan aplikasi
yang mensimulasikan kehidupan nyata melalui internet. Virtual social
worlds adalah situs yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi
dalam platform tiga dimensi dengan menggunakan avatar yang mirip dengan
kehidupan nyata.[1]
Sumber:
[1] http://budimanmaulana.blogspot.com/2013/05/pengertian-media-sosial.html
0 komentar:
Posting Komentar