Selamat datang di sebuahramasebuahcerita.blogspot.com

Selasa, 01 Januari 2013

Jurnalisme Online, Imbas Teknologi Modern

Kegiatan jurnalisme online yang sedang mewabah


Oleh: Ramadhan Setia Nugraha

            Sebelum kita membahas jurnalisme online lebih mendalam sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu jurnalisme online. Jurnalisme online merupakan kegiatan mencari, mengumpulkan, mengolah, dan menyebarluaskan berita/informasi kepada masyarakat umum melalui media massa online. Dalam hal ini media massa online dapat berupa web, blog, maupun situs sosial yang tujuannya untuk memberikan informasi kepada khalayak.
            Kemajuan zaman yang begitu pesat telah merubah kegiatan jurnalisme yang sebelumnya hanya akrab dengan kertas, pulpen dan mesin tik, kini berubah menjadi radio, televisi, dan komputer. Belum lagi bermunculannya smartphone yang dewasa ini sedang di gandrungi masayarakat luas. 
            Semakin pesatnya teknologi otomatis berimbas kepada informasi yang juga berkembang begitu pesat. Kebutuhan akan informasi juga begitu penting di abad millenium ini, pasalnya informasi menjadi satu-satunya sumber kehidupan yang begitu penting. hal Inilah yang menjadi latar belakang munculnya media massa online. Saat ini kita bisa mendaptkan informasi kapanpun dan dimanapun. Kita bisa memperolehnya ketika sedang di sekolah, di kantor bahkan tempat-tempat yang tidak memungkinkan sekalipun, seperti sedang di perjalanan atau selagi berkendara. Hal itu sangat mungkin dilakukan karena akses yang begitu mudah didapatkan.
            Pada awal mulanya kita hanya bisa mendapatkan informasi melalui media cetak saja, seperti koran, majalah, buletin, tabloid,dll. Kemudian beralih ke era audio visual seperti radio dan televisi. Hingga saat ini jurnalisme online sudah menjadi trend masyarakat modern.
            Keunggulan yang bisa kita peroleh dari media massa online dibandingkan media massa lainnya seperti dikutip dari buku James C. Foust yang berjudul Online Journalism: Principles and Practices of News for The Web(2005, sebagai berikut:
A. Audience Control, audiens lebih leluasa dalam memilih berita.
B. Nonlienarity, tiap berita yang disampaikan dapat berdiri sendiri atau tidak berurutan.
C. Storage and retrieval, berita tersimpan dan diakses kembali dengan mudah.
D. Unlimited Space, memungkinkan jumlah berita jauh lebih lengkap ketimbang media lainnya.
E. Immediacy, cepat dan langsung.
F. Multimedia Capability, bisa menyertakan teks, suara, gambar, video dan komponen lainnya di dalam berita.
G. Interactivity, memungkinkan adanya meningkatan partisipasi pembaca.
            Maka sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa media massa online sudah menjadi media massa yang paling lengkap dan lebih unggulan dibandingkan dengan media massa lainnya. Media online merupakan solusi yang paling tepat sebagai 'penghilang dahaga’ bagi masyarakat yang haus akan informasi.(rama)

1 komentar:

sebuahramasebuahcerita.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.