1.Komputer
Istilah
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti alat hitung, karena
awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan
angka - angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi. Komputer saat ini
adalah hasil evolusi panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah
alat mekanik dan elektronik.
Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer
di bagi dalam beberapa generasi berdasarkan sejarah perkembangannya. Pada
setiap generasi dibedakan berdasarkan kemampuan teknologinya untuk melakukan
serangkaian proses (capability), makin rendah biaya operasionalnya (efficiency)
dan makin mudah menggunakannya (user friendly). Berikut beberapa perkembangan
generasi komputer.
a. Komputer Generasi I
Awal
Mula diciptakan komputer adalah pada saat terjadinya Perang Dunia II, negara- negara yangf terlibat dalam perang tersebut
berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang
dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta
mempercepat kemajuan teknologi komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang
insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3 , untuk mendesain pesawat terbang
dan peluru kendali. pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan
komputer. Tahun 1943, pihak inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia
yang dinamakan Colossus untukmemecahkan kode rahasia yang digunakan jerman.
Perkembangan Komputer Generasi I diawali dengan terciptanya komputer yang
disebut Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Komputer ini
dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat yang bekerja sama dengan university of
Pennysylvania pada tahun 1946. ENIAC terdiri atas 18.000 tabung vakum, 70.000
resistor, dan 5 juta titik solder.
Merupakan
mesin yang sangat besar dan membutuhkan daya sebesar 160 kW. Komputer ini
dirancang oleh John P.Eckert (1919-1995) dan John W.Mauchly (1907-1980). ENIAC
merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali
lebih cepat dibanding Mark 1.
Pertengahan
1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University Of
Pennysylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer 40 tahun mendatang
masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete
Variable Automatic Comnputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk
menampung baik program atau pun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk
berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci
utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (Central processor
unit/ CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui
satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang
di buat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang
memanfaatkan model arsitektur Von Neumann. UNIVAC dimiliki oleh Badan Sensus
Amerika Serikat dan General Electric. Salah satuhasil mengesankan komputer
UNIVAC, yaitu prediksi kemenangan Eisenhower dalam pemilihan presiden Amerika
Serikat pada tahun 1952. Komputer Generasi I memiliki ciri khas, yakni
instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap
komputer memiliki program kode-biner masing - masing yang berbeda yang disebut "Bahasa
Mesin"(Machine Language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk
diprogram dan membatasi kecepatannya. Berikut Karakteristik komputer Generasi I
secara umum. 1) Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa
tersebut yang membuat ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat
besar. 2) Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data. 3)
Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin. 4) Instruksi operasi
dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. 5) Menggunakan Konsep Stored
Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage. 6) Menggunakan
Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk. 7) Ukuran fisik komputer besar,
memerlukan ruang yang luas. 8) Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan
pendingin. 9) Prosesnya kurang cepat. 10) Daya simpannya kecil. 11) Membutuhkan
daya listrik yang besar.
Beberapa
komputer yang termasuk komputer generasi pertama adalah EDSAC, ACE, SEC, Havard
Mark II, Havard Mark III, UNIVAC, dan lain sebagainya.
Komputer Generasi
Kedua Bahasa mesin yang digunakan adalah bahasa assembly. Dalam bahasa assembly
digunakan kode-kode berupa singkatan yang menggantikan kode biner. Komputer
mampu mendesain produk, menghitung daftar gaji, mencetak data sehingga komputer
generasi kedua ini sukses di pasaran. Ciri-ciri: 1) Ukuran fisik lebih kecil
dibanding komputer generasi pertama karena telah menggunakan transistor pada
sirkuitnya 2) Menggunakan memori yang cukup besar 3) Telah menggunakan media
penyimpanan luar berbentuk removable disk seperti megnetic disk dan magnetic
tape 4) Penggunaan aplikasinya lebih luar 5) Proses operasinya lebih cepat 6)
Penggunaan daya lebih kecil 7) Program yang dibuat dapat menggunakan bahasa
tingkat tinggi seperti FORTAN, COBOL, dan ALGOL.
Beberapa
contoh dari komputer generasi kedua adalah IBM 7080, IBM 1400, UNIVAC SS90,
UNIVAC III, PDP-1, PDP-8, Burroghts 200, dan lain sebagainya.
Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) |
b. Komputer Generasi Kedua
Bahasa
mesin yang digunakan adalah bahasa assembly. Dalam bahasa assembly digunakan
kode-kode berupa singkatan yang menggantikan kode biner. Komputer mampu
mendesain produk, menghitung daftar gaji, mencetak data sehingga komputer
generasi kedua ini sukses di pasaran. Ciri-ciri: 1) Ukuran fisik lebih kecil
dibanding komputer generasi pertama karena telah menggunakan transistor pada
sirkuitnya 2) Menggunakan memori yang cukup besar 3) Telah menggunakan media
penyimpanan luar berbentuk removable disk seperti megnetic disk dan magnetic
tape 4) Penggunaan aplikasinya lebih luar 5) Proses operasinya lebih cepat 6)
Penggunaan daya lebih kecil 7) Program yang dibuat dapat menggunakan bahasa
tingkat tinggi seperti FORTAN, COBOL, dan ALGOL.
Beberapa
contoh dari komputer generasi kedua adalah IBM 7080, IBM 1400, UNIVAC SS90,
UNIVAC III, PDP-1, PDP-8, Burroghts 200, dan lain sebagainya.
Struktur dan Fungsi Komputer
Struktur
komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait.
Fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai
bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur
di atas adalah sebagai berikut:
1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau
perintah ke dalam komputer
2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai
hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy
(ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports
Bagian
ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan
input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
CPU
merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional,
yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU
(Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori
terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori
internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan
program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu
memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat
komputer pertama kali dinyalakan.
6. Data Bus
Adalah
jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada
suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka
jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat.
Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya
bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini.
Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address Bus
Digunakan
untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada
jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau
dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
8. Control Bus
Control
Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address
Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur parallel.
Komponen Penyusun
Komputer
Untuk
saat ini, komputer bukan lagi barang mewah. Karena komputer sudah menjadi
kebutuhan yang sangat membantu dalam kegiatan manusia. Mulai dari ngetik,
bermain game, browsing internet sampai dengan pekerjaan yang khusus yang
menggunakan komputer misalnya komputasi data.
Untuk
lebih mengenal komputer khususnya komputer pribadi, maka ada baik mengenal
terlebih dahulu komponen-komponen yang menyusun sebuah komputer PC, khususnya
komponen yang disebut dengan perangkat keras atau hardware. Sebagaimana
disebutkan dalam tulisan sebelumnya, pada dasarnya hardware komputer itu
tersusun atas tiga jenis komponen, yaitu komponen Input, Prosesor dan Output.
Dengan demikian, komponen-komponen penyusun komputer PC juga tidak akan lepas
dari ketiga jenis komponen tersebut. Hanya saja nama-nama komponen
penyusunnya berbeda-beda.
Komputer
Komponen
Input merupakan komponen yang berfungsi sebagai masukkan atau divais yang
menjadi alur masukan ke komponen prosesor. Sementara komponen Prosesor
merupakan komponen yang berperan untuk menangkap data masukan dari komponen
input dan mengolah data tersebut berdasarkan program khusus. Dan komponen
output adalah komponen yang berfungsi sebagai keluaran atau menampilkan data
hasil data masukan yang sudah diproses atau diolah sehingga akan berguna bagi
manusia sebagai penggunanya atau yang membutuhkan data keluaran tersebut.
Komponen
komputer yang termasuk pada komponen Input adalah:
- Keyboard, merupakan komponen
yang berfungsi untuk memberikan masukan berupa data-data alfanumerik dan
data ASCII lainnya.
- Mouse. merupakan komponen yang
sangat berfungsi dalam komputer yang menggunakan sistem operasi berbasis
GUI, dimana dalam pengopersiannya akan berhubungan dengan pointer yang ada
di layar monitor yang befungsi untuk mempercepat atau mempermudah dalam
pengoperasian perintah-perintah program dalam komputer.
- Trackpad, Trackball, sama dengan
mouse. Yang membedakannya adalah bentuknya.
- Pen, digunakan sebagai pengganti
pionter mouse. Biasanya digunakan pada komputer yang memiliki layar
sentuh. Untuk memerikan perintah tertentu, tidak lagi menggunakan mouse,
tapi tinggal menyentuhkan pen ke GUI di layar sentuh.
- Microphone, komponen masukan
yang memberikan data masukan berupa data suara.
- Scanner, digunakan untuk
memindai gambar yang akan dimasukkan ke dalam sistem komputer menjadi
berbentuk digital.
Komponen
komputer yang termasuk pada komponen Output adalah:
- Monitor, komponen yang
menampilkan proses atau apa yang sedang dikerjakan oleh komputer. Termasuk
menampilkan data hasil pengolahan.
- Printer, untuk menampilkan atau
mencetak data dari komputer.
- Plotter, sama dengan printer.
Yang membedakannya adalah kemampuan pencetakan datanya.
- Speaker atau Buzzer. Untuk
menyampaikan informasi atau data hasil pengolahan dalam bentuk gelombang
suara.
Komponen
komputer yang termasuk pada komponen Pemroses adalah Prosesor beserta dengan
perangkat pendukungnya:
- Prosesor, merupakan komponen
utama pemrosesan data. Di dalam komponen ini seluruh data diproses
berdasarkan program yang dijalankan.
- Motherboard, merupakan komponen
yang menjadi tempat semua komponen berhubungan. Semua komponen mulai dari
input, prosesor hingga output, berhubungan melalui komponen ini.
- Hard Disk, merupakan komponen
yang berfungsi untuk menyimpan data dan program yang diperlukan oleh
seluruh komponen (komputer). Komponen lainnya yang fungsinya sama dengan
hard disk adalah Disk Drive (CD, DVD), Floppy-Drive.
- Memori (RAM), merupakan tempat
penyimpanan data dan program yang sifatnya sementara yang digunakan untuk
mempercepat proses dari kerja prosesor.
- Komponen Perantara antara
Prosesor dengan Input dan Output. Komponen ini umumnya berbentuk komponen
tambahan berupa kartu atau Slot/Port:
- Kartu VGA, merupakan perantara
antara Prosesor (dan komponen pendukungnya) dengan layar penampil
(monitor).
- Kartu Audio, merupakan
perantara antara Prosesor (dan komponen pendukungnya) dengan speaker.
- Kartu Firewire, merupakan
perantara antara Prosesor (dan komponen pendukungnya) dengan komponen
input berkecepatan tinggi seperti kamera video.
- Kartu TV Tuner, merupakan
perantara antara Prosesor (dan komponen pendukungnya) dengan komponen
input untuk menerima siaran televisi.
- Kartu Capture, merupakan perantara antara Prosesor (dan komponen pendukungnya) dengan komponen input yang digunakan untuk menangkap aliran video analog.
2. Satelit
A.
Pengertian
Sputnik 1. Satelit pertama Uni Sovyet. |
Satelit adalah
benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu.
Ada dua jenis satelit yakni satelit alam dan satelit buatan. Sisa artikel ini
akan berkisar tentang satelit buatan.
B.
Jenis Satelit
·
Satelit
astronomi adalah satelit yang digunakan untuk mengamati planet,
galaksi, dan objek angkasa lainnya yang jauh.
·
Satelit
komunikasi adalah satelit buatan yang dipasang di angkasa dengan tujuan
telekomunikasi menggunakan radio pada frekuensi gelombang mikro. Kebanyakan
satelit komunikasi menggunakan orbit geosinkron atau orbit geostasioner,
meskipun beberapa tipe terbaru menggunakan satelit pengorbit Bumi rendah.
·
Satelit
pengamat Bumi adalah satelit yang dirancang khusus untuk mengamati Bumi
dari orbit, seperti satelit reconnaissance tetapi ditujukan untuk penggunaan
non-militer seperti pengamatan lingkungan, meteorologi, pembuatan peta, dll.
Satelit pengamat Bumi, European Remote-Sensing Satellite |
·
Satelit
navigasi adalah satelit yang menggunakan sinyal radio yang disalurkan
ke penerima di permukaan tanah untuk menentukan lokasi sebuah titik dipermukaan
bumi. Salah satu satelit navigasi yang sangat populer adalah GPS milik Amerika
Serikat selain itu ada juga Glonass milik Rusia. Bila pandangan antara satelit dan
penerima di tanah tidak ada gangguan, maka dengan sebuah alat penerima sinyal
satelit (penerima GPS), bisa diperoleh data posisi di suatu tempat dengan
ketelitian beberapa meter dalam waktu nyata.
·
Satelit
mata-mata adalah satelit pengamat Bumi atau satelit komunikasi yang
digunakan untuk tujuan militer atau mata-mata.
Mariner 9. Satelit orbiter pertama yang berhasil mengorbit pada Planet Mars. |
·
Satelit
tenaga surya adalah satelit yang diusulkan dibuat di orbit Bumi tinggi
yang menggunakan transmisi tenaga gelombang mikro untuk menyorotkan tenaga
surya kepada antena sangat besar di Bumi yang dpaat digunakan untuk
menggantikan sumber tenaga konvensional.
·
Stasiun
angkasa adalah struktur buatan manusia yang dirancang sebagai tempat
tinggal manusia di luar angkasa. Stasiun luar angkasa dibedakan dengan pesawat
angkasa lainnya oleh ketiadaan propulsi pesawat angkasa utama atau fasilitas
pendaratan; Dan kendaraan lain digunakan sebagai transportasi dari dan ke
stasiun. Stasiun angkasa dirancang untuk hidup jangka-menengah di orbit, untuk
periode mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan.
·
Satelit
cuaca adalah satelit yang diguanakan untuk mengamati cuaca dan
iklim Bumi.
Satelit Cuaca |
·
Satelit
miniatur adalah satelit yang ringan dan kecil. Klasifikasi baru
dibuat untuk mengkategorikan satelit-satelit ini: satelit mini (500–200 kg),
satelit mikro (di bawah 200 kg), satelit nano (di bawah 10 kg).
Penggunaan Satelit
1.
Komunikasi Tradisional (Penghubung antar jaringan telepon
dari Negara 1 ke Negara lainnya)
2.
Komunikasi Telepon Selular (Menaikkan jumlah bandwith melalui sistem seluler)
3. Penyaluran Signal TV (Mengirimkan sinyal dari stasiun TV ke jaringan siaran)
4. Komunikasi Laut (Sarana komunikasi kelautan)
5. Komunikasi Angkasa dan Penerbangan (Sarana komunikasi penerbangan udara dan ruang angkasa)
6. GPS(Global Positioning Service) (Kegiatan navigasi untuk menentukan titik koordinat di bumi)
0 komentar:
Posting Komentar